Thursday, May 26, 2005

ada hantu dan kyai di tv

Beginilah nasibnya tinggal di sebuah pulau yang tidak ada keramaiannya.
tak ada mall, tak ada plaza, tak ada bioskop.

jadinya ya nonton teve adalah salah satu pelarian yang paling murah meriah.
sebenarnya sih memang gak bisa dibilang murah kalau di tempat saya ini.
sebab beli teve doang dengan antena seadanya bakalan percuma. dibutuhkan juga sebuah parabola yang harganya hampir sejuta-an. Kalau parabola yang murah yah yang dapatnya cuma teve-teve standar indonesia doang (yg pakai satelit palapa seperti RCTI, SCTV, IVM, ANTV, TPI plus TV 5 perancis, MQ TV, Bible TV, Brunei TV). Kalau parabola yang agak mahal, bisa dapat banyak siarannya seantero dunia.

Tapi siaran teve khususnya indonesia itu begitu latah.
Begitu TPI sukses dengan sinetron rahasia ilahi, yang lain pada ngikut.
Ada yang judulnya tobat-lah, insaf-lah, etc. Isinya, orang yang menderita karena perbuatan dosanya, kemudian muncul juga kyai berpakaian putih dengan tasbih di tangan, mulut komat-kamit... memberi petatah-petitih.

Tadi barusan saja sambil makan kwe tiau di kedai cina, saya lihat sinetron Cinta SMU 2.
Dan alamak! kenapa pulak di sinetron ini isinya hantu lagi, kyai lagi. kenapa gak ada cinta-cinta ala remaja nya yang begitu renyah? ah... mungkin karena malam ini malam jumat saya pikir. jadi sinetron remaja pun ikut-ikutan berhantu di malam ini.

Malam yang lalu, saya juga ternampak sinetron Yoyo. Kok Yoyo nya jadi guanteng dan playboy pula sampai banyak gadis-gadis mengejarnya. Sebenarnya kan awalnya segmen sinet yoyo untuk anak-anak. Apakah dengan sembuhnya Yoyo, segmen jadi berubah?

Akhirnya, saya pikir teve itu candu. dan ganja.
sedikit bikin enak, kebanyakan bikin eneq.

muhamad a.s.

No comments: