Thursday, July 03, 2008

beasiswa ke australia (1)

khusus untuk teman2 yang punya niat mau dapat beasiswa studi ke australia (OZ).

Perasaan saya, hanya oz yang 'murah hati' memberikan beasiswa kepada pemuda-i indonesia. setiap tahun paling tidak ada 300 lowongan beasiswa. sebagian besar untuk program master.

tahun ini, lowongan untuk mendapatkan beasiswa dibuka kembali. untuk detailnya bisa dilihat di wesbsite ADS . ADS setia setiap tahun memberikan beasiswa dengan persyaratan yang kurang lebih sama.

beasiswa ADS menyasar (sasarannya) terutama untuk PNS dan karyawan yang bekerja di kota2 kecil dan pedalaman. walaupun mereka concern dengan indonesia bagian timur, tapi banyak juga teman2 dari pulau2 dan kota2 kecil di sumatera dan kalimantan.

yang paling mereka sukai adalah: PNS, wanita, dari pedalaman dan syukur2 punya minat dan skill khusus. Alasannya: yah karena memang sedikit banget untuk kategori ini yang mengenyam pendidikan ke luar negeri.
yang paling tidak mereka sukai adalah: karyawan swasta, pria, dan kerja di Jakarta. Alasannya: yah udah banyak banget bo!

jadi teman2 di natuna punya peluang besar untuk mendapatkan beasiswa ADS ini. Maaf nih..tapi terutama untuk yang pegawai negeri. untuk non-PNS, juga punya kesempatan lebar jika bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat. misalnya aktivis LSM atau NGO bidang perikanan. something like that lah...

tulisan kedua saya akan berisikan tips dan trik mendapatkan beasiswa ADS.

No comments: