Wednesday, September 24, 2008

ada pelangi di langit indonesia

bagi saya pribadi, ada dua hal yang mendesak yang perlu diatasi bersama-sama jika negara kita ini ingin keluar dari kubangan krisis. Pertama, mengentaskan praktik korupsi. bukan hanya kemiskinan yang perlu dientaskan dari muka bumi indonesia, tapi praktik-praktik korupsi juga. Kedua, memprioritaskan pendidikan. Kedua isu ini perlahan-lahan sudah menunjukkan adanya perbaikan.

Indonesia yang tadinya digolongkan sebagai negara terkorup di dunia, alhamdullilah sudah mulai 'naik kelas'. berita di koran (salah satunya di sini) memberikan harapan dan angin segar bahwa praktik korupsi sudah mulai berkurang. Indeks persepsi korupsi (IPK -kayak kuliah aja) naik peringkat. tadinya kita tak yakin apa mantan menteri, mantan kepala daerah, mantan pejabat2 lainnya bisa diadili karena korupsi. sekarang hampir setiap hari beritanya ya pemeriksaan dan pengadilan bagi pejabat-pejabat tinggi itu tadi. sudah ada terobosan walaupun belum sempurna. tadinya pejabat-pejabat (dan pengusaha) bergelimang harta yang diperoleh tidak wajar tapi di mata masyarakat menjadi wajar (karena asumsinya, memegang jabatan tentu saja banyak uang), sekarang berubah persepsinya. masyarakat lebih kritis mempertanyakan darimana asal-muasal kekayaan seorang pejabat publik. birokrat menjadi lebih berhati-hati, rekanan menjadi senang karena gak perlu keluar extra-cost macam-macam.

Kedua, anggaran sektor pendidikan sudah mencapai 20%. gaji guru dan dosen naik dengan harapan kualitas mengajarnya pun semakin bagus. dengan harapan guru dan dosen gak ngobyek sana ngobyek sini. dengan harapan guru-guru gak maksa murid membeli seragam dan buku sekolah. terus, ada banyak sekali beasiswa bagi guru dan dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, baik di dalam maupun di luar negeri.

Ada buku bagus yang ingin sekali saya baca. judulnya 'laskar pelangi', tentang pendidikan di pulau belitong. bentar lagi juga filmnya beredar di bioskop. besar harapan saya, film ini akan mentrigger dan memberikan inspirasi bagi guru dan murid supaya tambah semangat dalam mengajar dan belajar.